RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)

OPTOELEKTRONIKA

MATERI

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

 

 

Oleh : Yumeza Andriani

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

2017

 

 

RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)

OPTOELEKTRONIKA

MATERI

GELOMBANG ELEKTRONIKA

(2 SKS (Kuliah))

 

Dosen Pengampu : Yumeza Andriani S.Pd M. Pd.

 

A. RENCANA PEMBELAJARAN

1. Deskripsi Singkat Mata Kuliah Fisika Dasar

Mata kuliah ini membahas tentang konsep Optoeletronika yakni lanjutan dari pembahasan matakuliah optik dan listrik magnet. Dimana pada matakuliah ini kita akan membahas gelombang elektromagnetik. Pengertian Gelombang Elektromagnetik, Gelombang Elektromagnetik Menurut Hipotesis Maxwell, Gelombang Elektromagnetik Menurut Percobaan Hert,  ciri- ciri  Gelombang Elektromagnetik,  Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik, Sumber Gelombang Elektromagnetik, Pemantulan Gelombang Elektromagnetik, Gelombang Elektromagnetik dalam material, Menjelaskan Persamaan-persamaan Gelombang Elektromagnetik, menjelakan   Spektrum Gelombang Elektromagnetik, menjelaskan gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang. Penerapan Gelombang Elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

2. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui gelombang elektromagnetik yang mereka perlukan untuk mempelajari ilmu-ilmu terkait lainnya dan juga untuk tugas profesional mereka nantinya.

3. Tujuan Instruksional Khusus

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu :

  1. Menjelaskan Pengertian Gelombang Elektromagnetik
  2. Menjelaskan Gelombang Elektromagnetik Menurut Hipotesis Maxwell
  3. Menjelaskan Gelombang Elektromagnetik Menurut Percobaan Hertz
  4. Menjelaskan ciri- ciri  Gelombang Elektromagnetik
  5. Membedakan Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik
  6. Menjelaskan Sumber Gelombang Elektromagnetik
  7. Menentukan karakter-karakter yang bisa diukur dari gelombang elektromagnetik yang merambat didalam gelombang
  8. Pemantulan Gelombang Elektromagnetik
  9. Gelombang Elektromagnetik dalam material
  10. Menentukan Cepat Rambat Gelombang Elektromagnetik
  11. Laju rata-rata Gelombang Elektromagnetik
  12. Menentukan intensitas Gelombang Elektromagnetik
  13. menjelakan   Spektrum Gelombang Elektromagnetik
  14. menjelaskan gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang
  15. memberikan contoh Penerapan Gelombang Elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

 

B. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1. Jadwal Kegiatan Mingguan

Pertemuan

Topik

Substansi

Metode

Fasilitas

Minggu 1

Pengantar dan Pendahuluan 1. Kontrak pembelajaran

2. Acara perkuliahan (termasuk aturan main dalam perkuliahan), kegunaan, pokok bahasan, pustakan dan sistem ujian optoelektronika

3. Pendahuluan

4. Konsep optoelektronika untuk materi gelombang elektromagnetik

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 2-3

1. Gelombang Elektromagnetik

2. Hipotesis Maxwell

3. Percobaan Hertz

1. Pendahuluan

2. Pengertian  Gelombang Elektromagnetik

3. Gelombang Elektromagnetik  Hipotesis Maxwell

4. Gelombang Elektromagnetik   Percobaan Hertz

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 4-6

Ciri- ciri , Sifat-Sifat, Sumber Gelombang Elektromagnetik 1. Ciri- ciri  Gelombang Elektromagnetik

2. Membedakan    Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

3. Menjelaskan Sumber Gelombang Elektromagnetik

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 7

Karakter-karakter  Gelombang Elektromagnetik 1. Frekuensi

2. Amplitudo

3. Periode

4. Banyaknya gelomabang

5. Waktu

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 8

Ujian Tengah Semester

 

Minggu 9

Pemantulan Gelombang Elektromagnetik 1. Ujung terbuka

2. Ujung terhubung

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 10

Gelombang Elektromagnetik dalam material 1. Plasma

2. Logam

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 11-12

Persamaan-persamaan  Gelombang Elektromagnetik 1. Cepat Rambat

2. Laju rata-rata

3. Intensitas

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 13-14

Spektrum Gelombang Elektromagnetik 1. Gelombang Radio

2. Gelombang Mikro

3. Sinar Inframerah

4. Cahaya Tampak

5. Sinar Ultraviolet

6. Sinar X

7. Sinar Gamma

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 15

Penerapan Gelombang Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari 1. Gelombang radio

2. Gelombang mikro

3. Sinar inframerah

4. Cahaya tampak

5. Sinar ultraviolet

6. Sinar X

7. Sinar gamma

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Presentasi kelompok

4. Resume

White board, laptop, LCD viewer

Minggu 16

Ujian Akhir Semester

2. Metode Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan

Pada pertemuan awal perkuliahan diberikan dalam bentuk penjelasan oleh dosen didepan kelas dengan berbagai alat bantu seperti white board, laptop dan LCD viewer. Bahan kuliah berupa print out powerpoint yang diberikan diawal perkuliahan. Selain itu untuk memacu mahasiswa belajar, diberikan tanya jawab atau membahas contoh soal didepan kelas. Disamping itu pada berbagai pertemuan mahasiswa juga terlibat untuk mempresentasikan perkuliahan di depan kelas serta melakukan diskusi kelompok

Pada waktu-waktu tertentu dosen juga memberikan tugas rumah yang dikumpulkan dan dinilai oleh dosen.

Pertemuan selanjutnya dilakukan diskusi kelas dengan membahas semua materi yang dibagi perkelompok dan masing-masing kelompok mempresentasikan serta diadakan Tanya jawab kelas.

C. RENCANA EVALUASI PEMBELAJARAN

1. Hasil Pembelajaran

Kriteria penilaian mengacu kepada beberapa hal antara lain mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip materi perkuliahan yakni gelombang elektromagnetik dan mampu mengaplikasikan terhadap bidang ilmu lain yang berkaitan serta dalam kehidupan sehari-hari.

Penilaian sebagai  monitoring dan evaluasi materi perkuliahan optoelektonika yang diberikan dalam bentuk kuis atau tanya jawab secara lisan, ujian tengah semester dan ujian akhir semester dalam bentuk tertulis serta aktivitas diskusi kelas.

Aspek penilaian antara lain :

Unsur-unsur

Persentase

Ujian Tengah Semester

35

Ujian Akhir Semester

40

Tugas

25

 

Hasil akhir ditentukan sebagai berikut :

NA

NM

AM

Sebutan Mutu

≥ 86 – < 100

A

3,75

Cemerlang

≥ 70 – < 85

B

3,00

Baik

≥ 50 – < 69

C

2,00

Cukup

≥ 40 – < 49

D

1,00

Kurang

0 – ≤ 40

E

0,00

Gagal

Kurang dari 50 dianggap tidak lengkap/tidak lulus

 

D. DAFTAR PUSTAKA

http://supriyanto.fisika.ui.ac.id/laci04/gelombang_elektromagnetik.pdf

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/196204261987031-PARLINDUNGAN_SINAGA/Buku_FISIKA_IIIx.pdf

http://www.jurnaltechne.org/archives/2012112/201211204-lw.pdf

http://elektro.umy.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/Ramadoni-TeknologiAplikasiElektromagnetik.pdf

Arkundato Artoto, dkk. 2007. Gelombang. Jakarta: Universitas Terbuka

Leave a comment