RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
OPTOELEKTRONIKA
MATERI
GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
Oleh : Yumeza Andriani
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2017
RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
OPTOELEKTRONIKA
MATERI
GELOMBANG ELEKTRONIKA
(2 SKS (Kuliah))
Dosen Pengampu | : | Yumeza Andriani S.Pd M. Pd. |
A. RENCANA PEMBELAJARAN
1. Deskripsi Singkat Mata Kuliah Fisika Dasar
Mata kuliah ini membahas tentang konsep Optoeletronika yakni lanjutan dari pembahasan matakuliah optik dan listrik magnet. Dimana pada matakuliah ini kita akan membahas gelombang elektromagnetik. Pengertian Gelombang Elektromagnetik, Gelombang Elektromagnetik Menurut Hipotesis Maxwell, Gelombang Elektromagnetik Menurut Percobaan Hert, ciri- ciri Gelombang Elektromagnetik, Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik, Sumber Gelombang Elektromagnetik, Pemantulan Gelombang Elektromagnetik, Gelombang Elektromagnetik dalam material, Menjelaskan Persamaan-persamaan Gelombang Elektromagnetik, menjelakan Spektrum Gelombang Elektromagnetik, menjelaskan gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang. Penerapan Gelombang Elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
2. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui gelombang elektromagnetik yang mereka perlukan untuk mempelajari ilmu-ilmu terkait lainnya dan juga untuk tugas profesional mereka nantinya.
3. Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu :
- Menjelaskan Pengertian Gelombang Elektromagnetik
- Menjelaskan Gelombang Elektromagnetik Menurut Hipotesis Maxwell
- Menjelaskan Gelombang Elektromagnetik Menurut Percobaan Hertz
- Menjelaskan ciri- ciri Gelombang Elektromagnetik
- Membedakan Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik
- Menjelaskan Sumber Gelombang Elektromagnetik
- Menentukan karakter-karakter yang bisa diukur dari gelombang elektromagnetik yang merambat didalam gelombang
- Pemantulan Gelombang Elektromagnetik
- Gelombang Elektromagnetik dalam material
- Menentukan Cepat Rambat Gelombang Elektromagnetik
- Laju rata-rata Gelombang Elektromagnetik
- Menentukan intensitas Gelombang Elektromagnetik
- menjelakan Spektrum Gelombang Elektromagnetik
- menjelaskan gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang
- memberikan contoh Penerapan Gelombang Elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
B. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. Jadwal Kegiatan Mingguan
Pertemuan |
Topik |
Substansi |
Metode |
Fasilitas |
Minggu 1 |
Pengantar dan Pendahuluan | 1. Kontrak pembelajaran
2. Acara perkuliahan (termasuk aturan main dalam perkuliahan), kegunaan, pokok bahasan, pustakan dan sistem ujian optoelektronika 3. Pendahuluan 4. Konsep optoelektronika untuk materi gelombang elektromagnetik |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 2-3 |
1. Gelombang Elektromagnetik
2. Hipotesis Maxwell 3. Percobaan Hertz |
1. Pendahuluan
2. Pengertian Gelombang Elektromagnetik 3. Gelombang Elektromagnetik Hipotesis Maxwell 4. Gelombang Elektromagnetik Percobaan Hertz |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 4-6 |
Ciri- ciri , Sifat-Sifat, Sumber Gelombang Elektromagnetik | 1. Ciri- ciri Gelombang Elektromagnetik
2. Membedakan Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik 3. Menjelaskan Sumber Gelombang Elektromagnetik |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 7 |
Karakter-karakter Gelombang Elektromagnetik | 1. Frekuensi
2. Amplitudo 3. Periode 4. Banyaknya gelomabang 5. Waktu |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 8 |
Ujian Tengah Semester |
|||
Minggu 9 |
Pemantulan Gelombang Elektromagnetik | 1. Ujung terbuka
2. Ujung terhubung |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 10 |
Gelombang Elektromagnetik dalam material | 1. Plasma
2. Logam |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 11-12 |
Persamaan-persamaan Gelombang Elektromagnetik | 1. Cepat Rambat
2. Laju rata-rata 3. Intensitas |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 13-14 |
Spektrum Gelombang Elektromagnetik | 1. Gelombang Radio
2. Gelombang Mikro 3. Sinar Inframerah 4. Cahaya Tampak 5. Sinar Ultraviolet 6. Sinar X 7. Sinar Gamma |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 15 |
Penerapan Gelombang Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari | 1. Gelombang radio
2. Gelombang mikro 3. Sinar inframerah 4. Cahaya tampak 5. Sinar ultraviolet 6. Sinar X 7. Sinar gamma |
1. Ceramah
2. Tanya jawab 3. Presentasi kelompok 4. Resume |
White board, laptop, LCD viewer |
Minggu 16 |
Ujian Akhir Semester |
2. Metode Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan
Pada pertemuan awal perkuliahan diberikan dalam bentuk penjelasan oleh dosen didepan kelas dengan berbagai alat bantu seperti white board, laptop dan LCD viewer. Bahan kuliah berupa print out powerpoint yang diberikan diawal perkuliahan. Selain itu untuk memacu mahasiswa belajar, diberikan tanya jawab atau membahas contoh soal didepan kelas. Disamping itu pada berbagai pertemuan mahasiswa juga terlibat untuk mempresentasikan perkuliahan di depan kelas serta melakukan diskusi kelompok
Pada waktu-waktu tertentu dosen juga memberikan tugas rumah yang dikumpulkan dan dinilai oleh dosen.
Pertemuan selanjutnya dilakukan diskusi kelas dengan membahas semua materi yang dibagi perkelompok dan masing-masing kelompok mempresentasikan serta diadakan Tanya jawab kelas.
C. RENCANA EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Hasil Pembelajaran
Kriteria penilaian mengacu kepada beberapa hal antara lain mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip materi perkuliahan yakni gelombang elektromagnetik dan mampu mengaplikasikan terhadap bidang ilmu lain yang berkaitan serta dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian sebagai monitoring dan evaluasi materi perkuliahan optoelektonika yang diberikan dalam bentuk kuis atau tanya jawab secara lisan, ujian tengah semester dan ujian akhir semester dalam bentuk tertulis serta aktivitas diskusi kelas.
Aspek penilaian antara lain :
Unsur-unsur |
Persentase |
Ujian Tengah Semester |
35 |
Ujian Akhir Semester |
40 |
Tugas |
25 |
Hasil akhir ditentukan sebagai berikut :
NA |
NM |
AM |
Sebutan Mutu |
|
≥ 86 – < 100 |
A |
3,75 |
Cemerlang |
|
≥ 70 – < 85 |
B |
3,00 |
Baik |
|
≥ 50 – < 69 |
C |
2,00 |
Cukup |
|
≥ 40 – < 49 |
D |
1,00 |
Kurang |
|
0 – ≤ 40 |
E |
0,00 |
Gagal |
Kurang dari 50 dianggap tidak lengkap/tidak lulus
D. DAFTAR PUSTAKA
http://supriyanto.fisika.ui.ac.id/laci04/gelombang_elektromagnetik.pdf
http://www.jurnaltechne.org/archives/2012112/201211204-lw.pdf
http://elektro.umy.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/Ramadoni-TeknologiAplikasiElektromagnetik.pdf
Arkundato Artoto, dkk. 2007. Gelombang. Jakarta: Universitas Terbuka